Headlines News :
Home » » TNPB Menyarankan UP4B Jangan Hanya Gandeng TNI

TNPB Menyarankan UP4B Jangan Hanya Gandeng TNI

Written By MELANESIA POST on Sabtu, 14 Desember 2013 | 03.17

TNPB Menyarankan UP4B Jangan Hanya Gandeng TNI

Fernando Worabai selaku Panglima tertinggi tentara Nasional Papua Barat (TNPB) Wilayah Saireri ketika memberikan keterangan.
Panglima TNPB Wil. Saireri II
SERUI - Fernando Worabai selaku Panglima tertinggi tentara Nasional Papua Barat (TNPB) Wilayah Saireri mempertanyakan keberadaan TNI di Kawasan Pantura yang didatangkan Pemerintah sebagai perbantuan pelaksanaan Proyek UP4B yang dinilai merugikan masyarakat karena tidak melibatkan masyarakat kawasan sekitar, untuk itu dirinya menyarankan seharusnya UP4B tidak hanya menggandeng TNI, tetapi juga masyarakat. 

“Apakah daerah ini tidak memiliki kontraktor beserta alat beratnya, sehingga mendatangkan Zipur dari luar pulau Papua untuk melakukan pekerjaan, sementara banyak masyarakat masih membutuhkan lapangan pekerjaan,” tandas Fernando Worabai ketika di temui Bintang Papua di kampung Borai Distrik Angkaisera Minggu (8/12) sore kemarin.

Lanjut di katakan Worabai, program UP4B diprioritaskan untuk memperdayakan masyarakat Papua namun yang terjadi di Yapen justru masyarakat tidak dilibatkan dalam program UP4B tetapi melibatkan personil TNI yang pada dasarnya sudah digaji oleh Negara sehingga menurutnya juga secara langsung telah merugikan masyarakat.

“UP4B ini diturunkan untuk masyarakat Papua, kenapa harus TNI yang sudah diberikan gaji oleh Negara harus memonopoli pekerjaan perusahan yang sebenarnya harus dilakukan oleh masyarakat,” tukasnya.
Dirinya juga menyatakan keberatan dengan keberadaan TNI di Pantura yang sempat membuat panik warga masyarakat, bahkan menyebabkan beberapa masyarakat yang mengungsi ke hutan hal itu menurutya disebabkan karena ketidak percayaan masyarakat terhadap pihak aparat keamanan mengingat pilihan masyarakat hanyalah merdeka, sehingga keberadaan pihak kemanan di daerahnya merupakan sebuah ancaman.

“ Saya merasa keberatan dengan keberadaan TNI di Pantura karena menurut laporan yang saya terima banyak masyarakat yang panik bahkan melarikan diri ke hutan, kepanikan mereka menurut saya sangat beralasan karena citra aparat keamanan di masyarakat sangat buruk lagipula keberadaan mereka-mereka merupakan ancaman bagi masyarakat,” pungkasnya. (seo/achi/lo1) 
Share this article :

0 komentar:

S.O.C - W.P.N.L.A

 
Official Blog : WPNLA News Blog | English Version | wpnla.blogspot.com
Proudly powered by KOMNAS TPNPB
Copyright © 2015. WPNLA | West Papua National Liberation Army - All Rights Reserved
Design by Black Planet Published by WPNLA Blog